lemondial-business-school

Bantu Mahasiswa Kurang Mampu, Lemondial Business School Teken MoU dengan ASAK KAJ

Selasa, 09 Juli 2024 | 18:10 WIB



Bantu Mahasiswa Kurang Mampu, Lemondial Business School Teken MoU dengan ASAK KAJ

JAKARTA - Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial atau dikenal dengan nama Lemondial Business School menjalin kerja sama strategis dengan Komisi Pengembangan Sosial dan Ekonomi Keuskupan Agung Jakarta (Komisi PSE KAJ) untuk memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu melalui program "Beasiswa ASAK KAJ".

Pemberian beasiswa ini adalah wujud nyata kepedulian LBS yang bertujuan menjaring siswa terbaik yang kurang mampu secara finansial namun memiliki kemampuan akademis dan non-akademis yang baik serta lulus tes masuk pendidikan tinggi.

Acara penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) Beasiswa ASAK KAJ ini dilaksanakan pada Jumat, 5 Juli 2024 di Gedung LDD Katedral Jakarta.

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua Komisi PSE KAJ Romo Adrianus Suyadi, SJ dan Ketua LBS Fransiscus Amonio Halawa, S.Kom., MM disaksikan oleh Ketua ASAK KAJ Bonaventura Edy dan Pengurus ASAK Albertus Yanta serta Wakil Ketua I LBS Diyan Putranto, SE., MM, Wakil Ketua III LBS Runi Yulianti Togubu, SST.Par., M.Par dan Sekretaris Yayasan Saint Mary International Daniel Deha, S.Fil., M.I.Kom.

Kedua belah pihak sepakat untuk bekerja sama dalam memfasilitasi anak-anak kurang mampu agar dapat mengakses pendidikan tinggi.

Melalui program Beasiswa ASAK KAJ diharapkan generasi muda Katolik di KAJ memiliki kesempatan yang terbuka untuk menempuh pendidikan tinggi dan kelak memiliki masa depan yang cerah.

Ketua LBS Fransiscus menyampaikan terima kasih kepada ASAK KAJ yang mau bekerja sama dengan LBS setelah komunikasi sebelumnya sempat terhenti karena pergantian manajemen perguruan tinggi.

Dia berharap program beasiswa ini membuka kesempatan kepada pelajar di KAJ bisa kuliah di LBS mulai tahun ajaran 2024/2025 (intake September).

LBS pun memiliki program Ayo Kuliah Ayo Kerja (AKAK) yang kiranya selaras dengan komitmen KAJ untuk membantu meringankan beban ekonomi orangtua dengan memfasilitasi mahasiswa masuk kuliah sambil bekerja sehingga mahasiswa mampu membiayai pendidikan tinggi mereka secara mandiri.

"Kami memiliki program Ayo Kerja Ayo Kuliah, ini mungkin bisa membantu anak-anak ASAK kuliah sambil bekerja," katanya.

Menanggapi program AKAK LBS, Ketua ASAK KAJ Edy merasa sangat tertarik dengan inovasi yang dilakukan LBS. Dia berharap program AKAK tersebut bisa membantu meringankan beban orangtua karena alokasi pembiayaan atau beasiswa yang diberikan ASAK KAJ tidak penuh kepada mahasiswa.

Adapun alokasi program ASAK berupa potongan biaya kuliah yang diberikan hingga maksimal 8 semester di luar semester pendek/antara.

Para penerima beasiswa juga akan dievaluasi setiap semester agar tetap fokus belajar untuk menyelesaikan kuliahnya.

ASAK (Ayo Sekolah Ayo Kuliah) adalah gerakan Belarasa di Keuskupan Agung Jakarta, untuk membantu anak-anak di paroki yang kesulitan biaya sekolah dan biaya kuliah, mulai dari TK sampai dengan Perguruan Tinggi.

Gerakan ASAK membantu anak-anak di paroki yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. ASAK lahir pada tahun 2007 bertepatan dengan peringatan 200 tahun Keuskupan Agung Jakarta dan 25 tahun paroki Bojong Indah Gereja Santo Thomas Rasul.

Saat ini, ASAK KAJ telah membantu total 6.855 anak dengan rincian: Ayo Sekolah (TK-SMA) sebanyak 5.713 orang, Ayo Kuliah sebanyak 1.079 orang dan Seminari sebanyak 63 orang. Jumlah alumni ASAK mencapai 5.700 anak dengan rincian Ayo Sekolah sebanyak 4.600 orang dan Ayo Kuliah 1.100 orang.

Mengutip website ASAK KAJ, proses seleksi ASAK dilakukan melalui ketentuan berikut:

  • Terdaftar sebagai umat paroki (terdaftar di BIDUK KAJ).

  • Pengajuan melalui Ketua Lingkungan.

  • Dokumen pengajuan akan diverifikasi dan pengurus ASAK Paroki akan melakukan kunjungan.

  • Jika pengajuan disetujui, akan dicarikan penyantun.

  • Nilai bantuan ditentukan pengurus ASAK Paroki berdasarkan rekomendasi hasil kunjungan dan situasi di paroki.

  • Nilai rapor (untuk Ayo Sekolah) dan Nilai IPK Semester (untuk Ayo Kuliah) akan dikumpulkan setiap semester.

  • Anak ASAK akan dipantau perkembangannya oleh pengurus ASAK Paroki.

  • Anak ASAK akan mengikuti pembinaan yang dilakukan oleh ASAK baik di tingkat paroki, dekenat maupun KAJ.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Email: info@lemondial.ac.id
No.Telp/WA: 0877-4649-3828